Skip to main content

6 Keutamaan Sholat Tahajud Serta Tata Cara Pelaksanaannya.

bermanfaatbanget.com - Sholat tahajud merupakan sholat sunnah muakadah yang dikerjakan pada malam hari atau sepertiga malam setelah terjaga dari tidur. Sholat tahajud ini bukan sholat yang diwajibkan bagi umat Islam dan bisa dikerjakan sedikitnya dua rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas. Selain itu, sholat tahajud ini merupakan ibadah sholat sunnah yang memilki banyak keutamaan.  Berikut beberapa keutamaan sholat tahajud. Keutamaan Sholat Tahajud 1. Doanya Dikabul Nabi Shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda : “Rabb kita Tabaraka wa Ta’ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman : “Barangsiapa yang memohon ampun kepada-Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya.” (HR. Bukhari). 2. Jalan Untuk Masuk Surga Selain doanya terkabul, sholat tahajud juga bisa menjadi jalan untuk masuk surga. Be

Ingin Anak Tumbuh Soleh? Simak Cara Mendidik Anak Secara Islami Ini!

cara-mendidik-anak-dalam-islam


Bermanfaatbanget.com - Islam merupakan agama yang sempurna, karena dalam Islam bukan hanya mengurus tentang ibadah ritual saja, namun semua aspek kehidupan ini diatur oleh Islam, termasuk dalam mengurus anak. Dalam Islam, cara mendidik anak ini telah diajarkan oleh para tokoh muslim terdahulu, seperti para Nabi dan orang-orang soleh.

Dalam agama Islam, mendidik dan menyayangi anak dilakukan dengan berbagai cara sesuai dengan perkembangan usianya. Oleh karena itu dalam kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara mendidik anak dalam Islam. Semoga bahasan kali ini akan membawa banyak manfaat bagi kita semua ya.

1. Memperdengarkan Al Quran Sejak Lahir

Cara mendidik anak yang pertama adalah dengan memperdengarkan Al Quran sejak lahir bahkan mulai dari kandungan. Semasa mengandung, sang ibu atau ayah bisa melantunkan ayat suci Al Quran. Karena dengan membaca Al Quran ini hati sang bunda menjadi lebih tenang yang tentunya hal ini bisa mempengaruhi psikis yang bayi di dalam kandungan. Apalagi jika sang bayi sudah lahir, dengan membaca lantunan ayat suci Al Quran sang anak sudah terbiasa mendengarkan Al Quran sejak dini. Bukan tidak mungkin, anak Anda kelak akan menjadi seorang hafidz Al Quran dikarenakan sejak kecil sudah dikenalkan dengan Al Quran.

2. Memberikan Nama Panggilan yang Baik

Cara mendidik anak selanjutnya adalah dengan memberikan nama panggilan yang baik. Karena bagaimanapun nama ini merupakan doa dan harapan dari orangtua demi masa depan anaknya. Oleh karena itu, berilah nama anak Anda dengan nama yang bermakna baik. Misalnya dengan memberikan nama yang diambil dari para tokoh Islam, seperti para Nabi, sahabat, dan tokoh-tokoh Islam. 

3. Ajarkan Konsep Tauhid (Konsep Ketuhanan)

Seperti yang diketahui bahwa tauhid (mengesakan Allah) merupakan dasar dari agama Islam, sehingga hal pertama yang wajib orang tua ajarkan kepada anak perempuannya adalah tentang Allah SWT. Bahwa Allah itu merupakan Tuhan yang menciptakan manusia, dunia beserta isinya, dan Allah itu Maha Esa. Ajarkan anak untuk mengucapkan "Laa Illaha Illalah" setiap harinya sehingga anak mulai familiar mendengarkannya.

4. Mengajarkan Ilmu Agama Sejak Dini

Cara mendidik anak dalam Islam lainnya adalah dengan mengajarkan ilmu agama pada anak sedari dini. Bahkan saat usinya masih balita, orang tua harus mulai menanamkan nilai-nilai agama. Misalnya mulai mengajari anak membaca Al Qur'an. Selain itu Anda juga bisa menyekolahkan anak di TPQ maupun PAUD ketika usianya sudah menginjak 2-3 tahun. Sedangkan untuk sholat atau puasa, walaupun kewajibannya dilakukan saat anak baligh, namun alangkah baiknya jika sudah diajarkan sejak dini. Selain itu, Anda juga bisa mengajarkan anak tentang cara berwudhu, cara sholat dan bacaannya. Sedangkan untuk berpuasa, anak bisa berpuasa secara bertahap, berpuasa sekuatnya atau setengah hari terlebih dahulu.

5. Mengajarkan Berperilaku Sopan dan Berbakti Pada Orangtua

Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada orangtuanya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah lemah dan menyapihnya dalam 2 tahun, bersyukurlah kalian kepada-Ku dan kepada kedua orangtuamu, Hanya kepada-Ku lah kalian kembali.” (Q.S Luqman: 14).

Selain itu, Rasulullah SAW juga mengajarkan kepada anak-anaknya tentang cara berperilaku yang baik kepada orang tuanya. Sebab hal itulah yang diperintahkan oleh Allah SWT, bagaimana seorang anak diperintahkan harus bersikap sopan, bertutur kata lembut, menunjukkan wajah ceria dan patuh kepada perintahnya.

6. Mengajarkan Akhlak Mulia

Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam seringkali mengajarkan kepada anak-anaknya tentang cara berperilaku yang baik kepada sesama manusia. Dalam hal ini, Anda bisa mengajarkannya dengan menceritakannya lewat kisah para nabi maupun dari Al Quran.

Itu dia 6 cara mendidik anak dalam Islam yang bisa Anda coba praktikkan dalam proses mendidik anak Anda. Menjadi seorang orang tua memang bukanlah perihal yang mudah, ada segudang hal yang harus Anda pelajari dan rasa kesabaran tanpa batas yang harus dimiliki. Namun percayalah, apabila Anda bersabar dalam mendidik anak, ia pun kelak akan tumbuh menjadi anak yang berbakti kepada orang tua dan agamanya.

Comments

Popular posts from this blog

Yuk Bikin Video Tik Tok bareng IDN App, Berhadiah iPhone X!

Bermanfaatbanget.com  - Hello, Millennial yang sedang diserbu demam Tik Tok! Katanya, upload Tik Tok sekali aja bisa bikin happiness level meningkat lho! Gimana menurutmu? Kali ini, karena tim IDN Media sedang kecanduan Tik Tok, kita ingin mengajak kalian untuk ikutan upload video Tik Tok, berhadiah iPhone X dari IDN Media lho! Tertarik untuk ikutan? Caranya gampang banget! Download IDN App & Login.  Buka tab PROFILE. Lalu klik Rank untuk memunculkan detail ranking-mu. Rekam video reaction kalian dengan Tik Tok, buat SELUCU MUNGKIN ya biar tim IDN App yang jadi jurinya nanti juga meningkat happiness level-nya. Udah  mantap sama videonya? Upload di Tik Tok dengan hashtag #iPhoneXdariIDNApp dan mention @idntimes. Awas jangan salah ketik hashtag ya! Untuk memperbesar peluang menang kalian, boleh upload juga video kalian di Instagram Feed dan Twitter, mention @idntimes serta hashtag #iPhoneXdariIDNApp, lagi-lagi kita ingetin, jangan salah ketik hashtag ya! Tidak ada ba

Kata Kata Motivasi Islami Di Saat Kamu Terpuruk

BermanfaatBanget.com - Dalam keadaan terpuruk atau sedih karena suatu hal, selain membutuhkan suatu hal yang menghibur, setiap orang juga terkadang membutuhkan kata-kata yang memotivasinya untuk tetap tegar dan kuat menjalani kehidupannya walau sedang dirundung kesedihan. Kata-kata yang memotivasi seringkali mampu membangkitkan lagi semangat yang sedang terpuruk. Selain itu kata-kata yang memotivasi juga dapat mengingatkan kita bahwa kesedihan bukanlah akhir dari segalanya. Selain dapat memotivasi orang lain yang sedang bersedih dan terpuruk, kata motivasi juga mampu untuk membangkitkan semangat bagi diri sendiri ketika bersedih.  Dalam agama Islam, ada banyak sekali kalimat motivasi yang bisa dengan mudah kamu temukan di dalam ayat Al-Qur'an dan juga hadits-hadits Rasul. Kata-kata motivasi dengan berbagai situasi tentunya akan memotivasi kamu untuk tetap menjalani hidup walau sedang dalam keadaan terpuruk.  Berikut ini adalah kata-kata motivasi Islami yang akan sering kita temuk

Resep Lengkap Kue Kekinian Pare-pare, Wajib Coba!

bermanfaatbanget.com - Indonesia memiliki banyak sekali jajanan khas yang kekinian, salah satunya adalah Papare. Sesuai namanya, kue ini memiliki bentuk seperti Pare yang berwarna hijau. Kue kekinian ini berasal dari bahan tepung ketan putih dipadukan dengan bahan-bahan lainnya. Cara membuatnya tidak terlalu rumit, dibutuhkan ketelitian dan ketekunan dalam membuatnya. Agar bisa menjadi pedoman dalam pembuatannya, berikut ini adalah resep lengkap dan step by step dari pembuatan Papare. Check this out! Ada dua jenis bahan yang perlu Anda persiapkan, yakni bahan untuk isian dan bahan untuk bagian luar. Pertama-tama, berikut ini adalah bahan untuk bagian isi: 50 gram gula jawa atau gula merah  ¼ butir kelapa parut yang masih muda 1 daun pandan, lebih baik disimpul Setelah itu, Anda bisa mempersiapkan bahan luarannya yakni: 200 ml santan  200 gram tepung ketan berwarna putih  Pasta pandan secukupnya sesuai selera  Sejumput garam  Bila Anda sudah mempersiapkan semua bahan diatas, saatnya mel