Skip to main content

Tips Memasak Cumi-cumi Agar Tidak Alot

Ingin Memasak Cumi-cumi Tidak Alot? Coba Simak Tips Berikut! Sumber: Tokopedia Siapa sih diantara kita yang tidak kenal dengan cumi-cumi? Tentu saja kita semua sudah tidak asing lagi dengan hewan laut yang satu ini. Ya, sebagaimana mana yang sudah diketahui bahwa cumi kerap diolah menjadi berbagai hidangan lezat.  Akan tetapi, ternyata memasak cumi-cumi itu tidaklah semudah yang kita bayangkan lho. Jika kita tidak tahu teknik mengolahnya, maka bisa jadi daging cumi tersebut akan terasa alot. Nah, berikut di bawah ini ada beberapa tips memasak cumi-cumi agar tidak alot. 1. Rendam di Dalam Air Lemon Sumber: Liputan6.com Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa lemon memiliki rasa asam. Ya, zat asam tersebutlah yang nantinya akan membuat tekstur daging cumi menjadi empuk. Pertama-tama silahkan cuci tersebut dengan air mengalir sampai bersih, kemudian rendam di dalam air lemon kurang lebih selama 30 menit. Jika sudah demikian, cumi pun sudah siap untuk digoreng.  2. Rendam Didalam Bumbu

Agar Sholat Sah, Rukun Wudhu Ini Harus Dipenuhi

 

Agar Sholat Sah, Rukun Wudhu Ini Harus Dipenuhi

Ada yang namanya rukun wudhu yaitu syarat sah ibadah sholat untuk semua umat Islam. Wudhu ini dianggap sah jika sudah memenuhi seluruh rukun tersebut, jadi sangat penting untuk semua umat Islam mengenal rukun wudhu.


Sholat merupakan salah satu ibadah wajib dalam Islam, setiap kita hendak melakukan ibadah tersebut, diharuskan untuk mengawalinya dengan wudhu. Dua ibadah sholat bisa dilakukan dengan satu wudhu tetapi dengan catatan tidak ada sama sekali hal yang membatalkan wudhu pertama.


Kalau secara bahasa, maka wudhu ini berasal dari al-wadha'ah dalam bahasa Arab. Kata tersebut memiliki makna kebersihan. Kalau berdasarkan istilah syar'I, maka wudhu ini merupakan aktivitas khusus menggunakan air terhadap anggota badan tertentu yang diawali niat.


Di bawah ini, ada beberapa rukun dalam wudhu yang perlu anda ketahui sesuai Mazhab Syafi’I. 


Diawali dengan niat

Berdasarkan Madzhab Syafi'I, hukumnya niat ini ada dua. Jadi, ada hukum wajib untuk berniat menjalankan wudhu dan ada juga hukum sunnah untuk niat wudhu tersebut. Niat dengan hukumnya yang wajib dilafadzkan saat kita membasuh wajah. Sedangkan niat wudhu yang sunnah dilafadzkan sebelum melakukan wudhu. Meski begitu, disarankan untuk kita menjalankan niat wudhu tersebut karena lebih baik. 


Membersihkan wajah dengan dibasuh

Setelah niat, maka dilanjutkan dengan membersihkan wajah kita. Ada pun bagian yang dimaksud dengan wajah dan perlu dibasuh yaitu meliputi tempat tumbuh rambut hingga ujung rahang bawah. 


Sedangkan untuk lebar bagian wajah yang harus dibasuh saat berwudhu yaitu antara dua telinga. Bisa dipahami bahwa area yang dimaksud bagian wajah yaitu secara keseluruhan, sehingga termasuk bulu mata, alis, jambang atau semua bagian lain yang di dalam area wajah.


Lanjut dengan basuh tangan beserta siku

Rukun melakukan wudhu selanjutnya yaitu dengan membasuh dua tangan kita beserta beserta bagian siku. Membasuh yang dimaksudkan di sini dilakukan dengan secara berurutan yaitu mulai membasuh bagian kanan lalu dilanjutkan untuk bagian kiri tangan dan sikunya.


Mengusap kepala

Rukun wudhu satu ini cukup berbeda untuk laki-laki dan perempuan. Kalau untuk laki-laki, sebagian kepala untuk diusap dengan air wudhu yaitu bagian rambut depan hingga atas. Sementara untuk perempuan, maka cukup mengusap kepala saja yang tidak sampai bagian ujung rambut.


Membasuh kaki

Perlu diperhatikan juga untuk bagian kaki ini. Bagian yang harus dibasuh yaitu mulai telapak kaki sampai bagian mata kaki. Untuk betis sampai lutut, maka tidak wajib untuk dibasuh.


Tertib berwudhu

Maksudnya tertib yaitu melakukan tahap wudhu secara berurutan. Jadi anggota-anggota tubuh yang disebutkan sebelumnya, harus berurutan dibasuh. Mulai dari wajah, dua tangan, kepala lalu kaki perlu diusap berurutan atau tidak boleh kita bolak-balik.


Misal contohnya ada orang yang berwudhu mulai dari kaki lalu membasuh tangan, wudhunya ini tidak sah atau tidak sesuai rukun wudhu. Karena tahapan tersebut tidak tergolong tertib mengingat langkahnya tidak berurutan. 

Selain itu, tidak dibenarkan juga adanya jarak panjang antara satu rukun wudhu dengan rukun wudhu lain. 


Perlu dipahami juga rukun wudhu bisa saja berbeda karena ada beberapa pendapat lain. Demikian saja bahasan kali ini mengenai apa saja rukun melakukan wudhu yang perlu kita para umat Islam pahami. Jangan lupa juga untuk mengetahui apa saja hal yang bisa membatalkan wudhu agar ibadah yang hendak kita lakukan dengan wudhu tersebut bisa sempurna. 




Comments

Popular posts from this blog

8 Cara Menghemat Kuota Internet di Android

Cara Menghemat Kuota Internet di Android, Biaya Data Lebih Murah Internet sudah menjadi salah satu kebutuhan sehari-hari masyarakat saat ini, bahkan ada yang mengatakan jika handphone di tangan tidak terkoneksi dengan internet sehari saja maka mood menjadi kacau. Biaya data internet berbanding terbalik dengan harga yang ditawarkan, semakin cepat koneksi semakin mahal harganya, hal ini tentunya dapat menambah beban pengeluaran Anda karena masalah pulsa dan biaya internet. Bahkan dengan kondisi jaringan yang sangat sangat lambat, kuota internet terkadang cepat tersedot, meskipun hanya digunakan sedikit untuk browsing untuk mengaktifkan berbagai aplikasi seperti WhatsApp, Facebook, Messenger, Instagram, email dan Twitter. Menggunakan Penghemat Data Chrome Untuk Browsing  Jika Anda pengguna browser Chrome, Anda dapat menghemat kuota internet di Android dengan mengaktifkan penghemat data. Untuk mengaktifkan fitur ini, buka Pengaturan > Penghemat Data > Aktif.  Dengan fitur ini, Anda b

Tips Membeli Tiket Kereta di Web/Aplikasi Terpercaya

Dunia semakin di manjakan dengan adanya berbagai situs online. Salah satunya memudahkan kita dalam transaksi jual beli. Seperti halnya lumut di atas bebatuan di dipinggir sungai, situs online semakin menjamur menawarkan berbagai kelebihan. Mulai dari market place, online shop, online mall, dan banyak lagi jenisnya.  Akan tetapi, bagi yang belum berpengalaman ketidaktahuan seringkali menjadi kendala ketika menggunakan jasa sebuah market place dan teman-temannya. Bukan hanya sampai disitu, kerugian secara materi juga bisa terjadi manakala kita tidak jeli dalam memilih suatu situs guna berbelanja apa yang kita inginkan. Sebab dunia maya merupakan peluang besar bagi mereka yang ingin berbuat curang yaitu tindakan penipuan. Bagi anda yang sering berpergian atau melakukan perjalanan bisnis menggunakan kereta, kata online maupun booking bukanlah barang baru. Dengan banyak situs yang bertebaran justru terkadang membuat kita bingung harus belanja atau pesan di mana.  Sebab terb

Ingin Tahu Cara Menambah Followers IG?

Cara Menambah Followers IG dengan Mudah Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Instagram alias IG merupakan salah satu platform media social yang paling populer di dunia. Hal itu pun terbukti, yang mana sebagian besar masyarakat di seluruh dunia ini sudah memiliki akun instagram. Sehingga cara menambah followers IG ini pun sepertinya banyak dicari  oleh orang-orang.  Tak hanya sekedar sebagai jejaring social media saja, kini instagram juga dijadikan sebagai media untuk kegiatan bisnis lho. Untuk memudahkan kegiatan bisnis, maka akun instagram kita harus memiliki jumlah pengikut atau followers yang banyak. Lantas, bagaimana cara menambah followers ig? Nah, biar kalian gak penasaran mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.  1. Follow Dulu Akun IG Baru Dari Kalangan Terkenal Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menambah followers ig, yakni dengan mem-follow dulu akun ig baru dari kalangan-kalangan orang terkenal. Ya, seperti politikus, artis, selebgram, atlet, dan la