Skip to main content

Tips Memasak Cumi-cumi Agar Tidak Alot

Ingin Memasak Cumi-cumi Tidak Alot? Coba Simak Tips Berikut! Sumber: Tokopedia Siapa sih diantara kita yang tidak kenal dengan cumi-cumi? Tentu saja kita semua sudah tidak asing lagi dengan hewan laut yang satu ini. Ya, sebagaimana mana yang sudah diketahui bahwa cumi kerap diolah menjadi berbagai hidangan lezat.  Akan tetapi, ternyata memasak cumi-cumi itu tidaklah semudah yang kita bayangkan lho. Jika kita tidak tahu teknik mengolahnya, maka bisa jadi daging cumi tersebut akan terasa alot. Nah, berikut di bawah ini ada beberapa tips memasak cumi-cumi agar tidak alot. 1. Rendam di Dalam Air Lemon Sumber: Liputan6.com Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa lemon memiliki rasa asam. Ya, zat asam tersebutlah yang nantinya akan membuat tekstur daging cumi menjadi empuk. Pertama-tama silahkan cuci tersebut dengan air mengalir sampai bersih, kemudian rendam di dalam air lemon kurang lebih selama 30 menit. Jika sudah demikian, cumi pun sudah siap untuk digoreng.  2. Rendam Didalam Bumbu

3 Contoh Hewan Yang Mengalami Metamorfosis Sempurna

Sejumlah hewan mengalami fase metamorfosis yaitu perubahan bentuk mulai dari telur, larva, hingga menjadi bentuk dewasa yang sempurna. 

Secara biologis, fase metamorfosis terbagi menjadi dua jenis, yakni metamorfosis sempurna dan tidak sempurna. Salah satu perbedaan diantara kedua jenis metamorfosis tersebut adalah pada fase metamorfosis tidak sempurna, hewan tidak mengalami masa pertumbuhan pupa. Metamorfosis tidak sempurna hanya melewati 3 fase yaitu mulai dari telur, menjadi larva, dan terakhir menjadi hewan dewasa. 

Sementara metamorfosis sempurna melewati 4 fase yaitu mulai dari telur, menjadi larva, berubah jadi pupa, dan terakhir menjadi imago atau dewasa. Lantas, apa saja contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna? Yuk cari tahu dengan menyimak penjelasan dibawah ini !

Kupu – Kupu

kupu kupu hewan yang metamorfosis sempurna

Fase pertama metamorfosis sempurna pada serangga bersayap sisik ini adalah telur yang menetas menjadi larva setelah 3 hingga 5 hari. Pada fase ini, serangga yang tergolong dalam ordo Lepidoptera ini mulai aktif mencari makanan lalu menjadikan cangkang telurnya yang kosong sebagai makanan pertamanya. 

Kemudian pada saat pertumbuhan, kulit larva akan menjadi sangat ketat serta mengalami periode molting atau pergantian kulit. Umumnya, larva akan berganti kulit sebanyak 4 hingga 6 kali. 

Setelah mencapai pertumbuhan yang optimal yakni pada saat stadium empat, larva akan mencari tempat untuk berlindung lalu melekatkan diri pada ranting. Kemudia sesudah itu, larva berubah menjadi pupa atau kepompong. Fase pupa atau kepompong ini juga dikenal sebagai periode istirahat. 

Namun pada saat fase ini, terjadinya proses pembentukan kupu – kupu akan berlangsung sekitar 7 hingga 20 hari. Setelah itu, kupu – kupu muda akan keluar dari kepompong lalu merangkak ke atas sehingga sayapnya mengembang secara normal. 

Jika sayap kupu – kupu muda dirasa sudah cukup kuat, maka serangga tersebut akan tumbuh menjadi kupu – kupu dewasa dan berada pada fase imago.

Lebah Madu

lebah madu

Hewan yang mengalami metamorfosis selanjutnya adalah lebah madu. Fase metamoforsisnya diawali saat ratu lebah bertelur lalu menyimpannya didalam sarang. Setelah itu, telur akan menetes menjadi larva dihari keenam. 

Kemudian, larva akan membesar lalu berkembang membentuk pupa pada hari ke-18. Setelahnya, pupa akan berubah lalu berkembang menjadi bentuk seekor lebah atau lebih tepatnya sekitar pada hari ke-21.

Lebah madu yang tergolong dalam ordo hymenoptera adalah dengan ciri memiliki dua pasang sayap tipis seperti selaput dan juga tipe mulut menggigit. 

Lalat

lalat

Sama sebagaimana kedua hewan diatas, awal metomarfosis pada lalat juga dimulai dari telur lalat yang biasa ditemukan di tempat yang kotor misalnya tempat sampah. Kemudian, telur akan menetas menjadi larva hanya dalam waktu sehari saja. 

Perubahan telur menjadi larva terbagi kedalam dua periode yaitu periode embrionik dimana telur akan menetas menjadi larva dalam waktu 24 jam dan biasa disebut belatung. Dan periode kedua yaitu postembrionik yang merupakan tahapan metamorfosis sempurna seperti hewan lainnya. Setelah itu, larva ini akan mengalami masa instar, dan dua hari kemudian berubah menjadi pupa atau kepompong. 

Bentuk pupa pada lalat seperti kepompong keras berwarna coklat, dan seminggu kemudian akan berubah menjadi lalat dewasa. Menariknya lagi, hanya dalam umur 3 hari saja, lalat betina dewasa sudah bisa bertelur dan menghasilkan ratusan telur. 

Selain itu masih ada hewan lainnya yang mengalami metamorfosis sempurna seperti nyamuk dan katak. 




Comments

Popular posts from this blog

8 Cara Menghemat Kuota Internet di Android

Cara Menghemat Kuota Internet di Android, Biaya Data Lebih Murah Internet sudah menjadi salah satu kebutuhan sehari-hari masyarakat saat ini, bahkan ada yang mengatakan jika handphone di tangan tidak terkoneksi dengan internet sehari saja maka mood menjadi kacau. Biaya data internet berbanding terbalik dengan harga yang ditawarkan, semakin cepat koneksi semakin mahal harganya, hal ini tentunya dapat menambah beban pengeluaran Anda karena masalah pulsa dan biaya internet. Bahkan dengan kondisi jaringan yang sangat sangat lambat, kuota internet terkadang cepat tersedot, meskipun hanya digunakan sedikit untuk browsing untuk mengaktifkan berbagai aplikasi seperti WhatsApp, Facebook, Messenger, Instagram, email dan Twitter. Menggunakan Penghemat Data Chrome Untuk Browsing  Jika Anda pengguna browser Chrome, Anda dapat menghemat kuota internet di Android dengan mengaktifkan penghemat data. Untuk mengaktifkan fitur ini, buka Pengaturan > Penghemat Data > Aktif.  Dengan fitur ini, Anda b

Tips Membeli Tiket Kereta di Web/Aplikasi Terpercaya

Dunia semakin di manjakan dengan adanya berbagai situs online. Salah satunya memudahkan kita dalam transaksi jual beli. Seperti halnya lumut di atas bebatuan di dipinggir sungai, situs online semakin menjamur menawarkan berbagai kelebihan. Mulai dari market place, online shop, online mall, dan banyak lagi jenisnya.  Akan tetapi, bagi yang belum berpengalaman ketidaktahuan seringkali menjadi kendala ketika menggunakan jasa sebuah market place dan teman-temannya. Bukan hanya sampai disitu, kerugian secara materi juga bisa terjadi manakala kita tidak jeli dalam memilih suatu situs guna berbelanja apa yang kita inginkan. Sebab dunia maya merupakan peluang besar bagi mereka yang ingin berbuat curang yaitu tindakan penipuan. Bagi anda yang sering berpergian atau melakukan perjalanan bisnis menggunakan kereta, kata online maupun booking bukanlah barang baru. Dengan banyak situs yang bertebaran justru terkadang membuat kita bingung harus belanja atau pesan di mana.  Sebab terb

Ingin Tahu Cara Menambah Followers IG?

Cara Menambah Followers IG dengan Mudah Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Instagram alias IG merupakan salah satu platform media social yang paling populer di dunia. Hal itu pun terbukti, yang mana sebagian besar masyarakat di seluruh dunia ini sudah memiliki akun instagram. Sehingga cara menambah followers IG ini pun sepertinya banyak dicari  oleh orang-orang.  Tak hanya sekedar sebagai jejaring social media saja, kini instagram juga dijadikan sebagai media untuk kegiatan bisnis lho. Untuk memudahkan kegiatan bisnis, maka akun instagram kita harus memiliki jumlah pengikut atau followers yang banyak. Lantas, bagaimana cara menambah followers ig? Nah, biar kalian gak penasaran mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.  1. Follow Dulu Akun IG Baru Dari Kalangan Terkenal Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menambah followers ig, yakni dengan mem-follow dulu akun ig baru dari kalangan-kalangan orang terkenal. Ya, seperti politikus, artis, selebgram, atlet, dan la