Skip to main content

Tips Memasak Cumi-cumi Agar Tidak Alot

Ingin Memasak Cumi-cumi Tidak Alot? Coba Simak Tips Berikut! Sumber: Tokopedia Siapa sih diantara kita yang tidak kenal dengan cumi-cumi? Tentu saja kita semua sudah tidak asing lagi dengan hewan laut yang satu ini. Ya, sebagaimana mana yang sudah diketahui bahwa cumi kerap diolah menjadi berbagai hidangan lezat.  Akan tetapi, ternyata memasak cumi-cumi itu tidaklah semudah yang kita bayangkan lho. Jika kita tidak tahu teknik mengolahnya, maka bisa jadi daging cumi tersebut akan terasa alot. Nah, berikut di bawah ini ada beberapa tips memasak cumi-cumi agar tidak alot. 1. Rendam di Dalam Air Lemon Sumber: Liputan6.com Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa lemon memiliki rasa asam. Ya, zat asam tersebutlah yang nantinya akan membuat tekstur daging cumi menjadi empuk. Pertama-tama silahkan cuci tersebut dengan air mengalir sampai bersih, kemudian rendam di dalam air lemon kurang lebih selama 30 menit. Jika sudah demikian, cumi pun sudah siap untuk digoreng.  2. Rendam Didalam Bumbu

5 Penyebab Haid Menjadi Telat yang Wajib Kamu Tahu

Ternyata Ini Beberapa Penyebab Haid Menjadi Telat

Penyebab haid telat


Seperti yang sudah diketahui, bahwa segala suatu masalah yang terjadi dalam tubuh manusia itu tentu saja ada penyebabnya. Begitu pun dengan siklus haid, dari yang awalnya teratur menjadi tidak teratur. 

Namun, masih banyak Wanita yang belum tahu mengenai faktor-faktor penyebab menstruasi telat. Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas masalah tersebut. Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 

1. Adanya Penyakit Kronis Tertentu



Apabila bunda merasa sakit yang agak serius, maka ada kemungkinan kondisi ini bisa berdampak terhadap siklus menstruasi. Pasalnya, ovulasi bisa menjadi lebih lambat dari biasanya atau tidak sama sekali. 

Dengan kata lain, haid juga akan menjadi lebih lambat atau tidak sama sekali. Maka dari itu, sebaiknya bunda segera periksakan diri ke dokter apabila penyakit yang dialami tidak kunjung membaik. Adapun mengenai beberapa jenis penyakit kronis yang bisa mempengaruhi siklus haid seperti berikut:

  • Penyakit tiroid

  • Tumor hipofisis (bukan sejenis kanker)

  • Penyakit kelenjar adrenal

  • Kista ovarium

  • Disfungsi hati

  • Diabetes

2. Adanya Ketidakseimbangan Hormon



PCOS atau Sindrom ovarium polikistik merupakan kondisi ketidakseimbangan hormone Wanita akibat tidak adanya ovulasi. Tentu saja kondisi tersebut bisa menyebabkan kista pada ovarium menjadi terganggu, sehingga haid melambat. 

Ovarium polikistik itu sendiri memiliki sejumlah kandungan besar folikel yang tidak berbahaya. Pasalnya, ia merupakan kantung di bagian belakang yang berperan sebagai tempat ovum berkembang. Apabila bunda termasuk salah satu pengidap PCOS, maka kantung tersebut kerap tidak bisa melepaskan ovum sehingga ovulasi tidak akan terjadi. 

3. Perimenopause



Selain ketidakseimbangan hormone, Perimenopause juga bisa jadi salah satu penyebab keterlambatan haid pada seorang Wanita. Pasalnya, kebanyakan Wanita yang mengalami menopause itu adalah berusia 51 tahun keatas. 

Akan tetapi, 2 hingga 8 tahun sebelumnya, seorang Wanita bsa mengalami kondisi Perimenopause alias premature menopause. Lantas, apa yang dimaksud dengan Perimenopause?

Menurut informasi yang didapat, Perimenopause merupakan sebuah fase saat tubuh secara bertahap menghasilkan lebih sedikit hormone estrogen dan bergerak menuju ke menopause. Selama berada dalam fase tersebut, maka ada kemungkinan akan terjadi perubahan siklus haid. 

Kendati demikian, bunda masih bisa melewati periode 1 bulan dan kembali lagi ke siklus semula untuk 3 bulan berikutnya. Atau, mungkin bunda juga akan melewatkan 3 bulan beruntun sehingga nantinya siklus haid kembali normal secara mendadak. 

4. Menggunakan Kontrasepsi & Obat Tertentu



Setidaknya ada beberapa jenis alat kontrasepsi yang bisa membuat siklus haid seorang Wanita menjadi terganggu. Ya, jenis-jenis alat kontrasepsi yang dimaksud seperti pil KB, IUD dan suntik implant. Lebih gawatnya lagi, penggunaan kontrasepsi tersebut bisa menghentikan menstruasi secara total lho!

Tak hanya alat kontrasepsi, penggunaan obat-obat tertentu juga bisa menyebabkan haid Wanita menjadi tidak teratur. Adapun mengenai beberapa jenis obat yang dimaksud adalah kortikosteroid, antidepresan, antipsikotik, dan obat kemoterapi. 

5. Adanya Perubahan Jadwal Aktivitas

Penyebab berikutnya yang bisa membuat siklus haid menjadi lambat, yakni adanya perubahan gaya hidup. Sebagai contoh, apabila bunda terbiasa kerja di siang hari dan kemudian jadi berubah lebih aktif di malam hari, maka  hal tersebut bisa mengacaukan metabolisme tubuh. 

Seiring dengan berubahnya metabolisme didalam tubuh, secara otomatis siklus haid juga menjadi tidak teratur. Maka dari itu, bunda jangan terlalu sering untuk mengubah jadwal aktivitas. 

Baca juga: Tips Traveling Aman dan Simple Bagi Bagi Kaum Wanita


Comments

Popular posts from this blog

8 Cara Menghemat Kuota Internet di Android

Cara Menghemat Kuota Internet di Android, Biaya Data Lebih Murah Internet sudah menjadi salah satu kebutuhan sehari-hari masyarakat saat ini, bahkan ada yang mengatakan jika handphone di tangan tidak terkoneksi dengan internet sehari saja maka mood menjadi kacau. Biaya data internet berbanding terbalik dengan harga yang ditawarkan, semakin cepat koneksi semakin mahal harganya, hal ini tentunya dapat menambah beban pengeluaran Anda karena masalah pulsa dan biaya internet. Bahkan dengan kondisi jaringan yang sangat sangat lambat, kuota internet terkadang cepat tersedot, meskipun hanya digunakan sedikit untuk browsing untuk mengaktifkan berbagai aplikasi seperti WhatsApp, Facebook, Messenger, Instagram, email dan Twitter. Menggunakan Penghemat Data Chrome Untuk Browsing  Jika Anda pengguna browser Chrome, Anda dapat menghemat kuota internet di Android dengan mengaktifkan penghemat data. Untuk mengaktifkan fitur ini, buka Pengaturan > Penghemat Data > Aktif.  Dengan fitur ini, Anda b

Tips Membeli Tiket Kereta di Web/Aplikasi Terpercaya

Dunia semakin di manjakan dengan adanya berbagai situs online. Salah satunya memudahkan kita dalam transaksi jual beli. Seperti halnya lumut di atas bebatuan di dipinggir sungai, situs online semakin menjamur menawarkan berbagai kelebihan. Mulai dari market place, online shop, online mall, dan banyak lagi jenisnya.  Akan tetapi, bagi yang belum berpengalaman ketidaktahuan seringkali menjadi kendala ketika menggunakan jasa sebuah market place dan teman-temannya. Bukan hanya sampai disitu, kerugian secara materi juga bisa terjadi manakala kita tidak jeli dalam memilih suatu situs guna berbelanja apa yang kita inginkan. Sebab dunia maya merupakan peluang besar bagi mereka yang ingin berbuat curang yaitu tindakan penipuan. Bagi anda yang sering berpergian atau melakukan perjalanan bisnis menggunakan kereta, kata online maupun booking bukanlah barang baru. Dengan banyak situs yang bertebaran justru terkadang membuat kita bingung harus belanja atau pesan di mana.  Sebab terb

Ingin Tahu Cara Menambah Followers IG?

Cara Menambah Followers IG dengan Mudah Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Instagram alias IG merupakan salah satu platform media social yang paling populer di dunia. Hal itu pun terbukti, yang mana sebagian besar masyarakat di seluruh dunia ini sudah memiliki akun instagram. Sehingga cara menambah followers IG ini pun sepertinya banyak dicari  oleh orang-orang.  Tak hanya sekedar sebagai jejaring social media saja, kini instagram juga dijadikan sebagai media untuk kegiatan bisnis lho. Untuk memudahkan kegiatan bisnis, maka akun instagram kita harus memiliki jumlah pengikut atau followers yang banyak. Lantas, bagaimana cara menambah followers ig? Nah, biar kalian gak penasaran mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.  1. Follow Dulu Akun IG Baru Dari Kalangan Terkenal Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menambah followers ig, yakni dengan mem-follow dulu akun ig baru dari kalangan-kalangan orang terkenal. Ya, seperti politikus, artis, selebgram, atlet, dan la