Skip to main content

Cara Membuat Gatot Singkong Yang Mudah Dan Enak

  Siapa yang tidak kenal dengan Jogja, daerah yang terkenal memiliki segudang tempat wisata ini ternyata tidak hanya memiliki berbagai tempat wisata saja melainkan juga memiliki berbagai makanan khas yang melegenda. Ada banyak sekali jenis makanan khas Jogja seperti Gudeg, Nasi Tiwul, Bakpia Pathok, Sate Klatak dan Gatot Singkong. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat Gatot Singkong. Jogja memang kaya akan destinasi wisata alam, sejarah dan kulinernya. Namun sebelumnya, mari kenali terlebih dahulu apa itu Gatot Singkong. Gatot Singkong merupakan salah satu jajanan Khas Yogyakarta yang berbahan dasar singkong kering. Makanan khas Jogja ini berasal dari Gunung Kidul. Di Jogja, makanan ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau yakni mulai dari Rp. 1.000 sampai dengan Rp. 2.000 saja per porsinya. Cara membuat gatot singkong juga tidak begitu sulit. Untuk mengetahui cara membuat gatot singkong yang mudah dan enak, mari simak penjelasan berikut ini.  Bahan Yang

Resep Kulit Pastel Tanpa Telur

Tidak Ada Telur? Tapi Ingin Pastel? Ini Resep Kulit Pastel Tanpa Telur

Resep Kulit Pastel Tanpa Telur

Pastel adalah salah satu makanan ringan yang mengenyangkan juga, kelezatannya yang gurih dan renyah memang tidak tergantikan. Makanan ini jika beli di luar terkadang tidak sesuai ekspektasi, bisa jadi isiannya tidak sedap atau kulitnya terlalu berminyak karena kesalahan saat menggoreng.

Maka dari itu membuat sendiri menjadi jalan ninja yang banyak dipilih para wanita yang ingin makan pastel sesuai selera, namun bagaimana jika di rumah hanya ada tepung terigu? Tenang berikut ini ada resep membuat kulit pastel tanpa telur:

Bahan-bahan Kulit Pastel Renyah Tanpa Telur

Bahan-bahan Kulit Pastel Renyah Tanpa Telur

  1. Siapkan 350 gr tepung terigu protein rendah
  2. Ambil Sejumpit garam
  3. Siapkan 80 gr margarine
  4. Sediakan 100 ml air panas mendidih
  5. Adakan 75 ml minyak goreng

Cara Membuat Kulit Pastel Renyah Tanpa Telur

Cara Membuat Kulit Pastel Renyah Tanpa Telur
  1. Cairkan margarin dengan memasukkan ke dalam air panas, aduk-aduk sampai margarin larut atau leleh, tambahkan garam lalu aduk kembali hingga rata.
  2. Tambahkan minyak goreng, dan aduk rata. Biarkan sampai hangat, atau agak dingin.
  3. Setelah itu masukkan bahan cair tadi ke dalam tepung terigu, aduk-aduk menggunakan spatula. Tuangkan bahan cair tadi secara bertahap sambil terus diaduk, hentikan jika adonan telah dirasa kalis atau tidak lengket ditangan.
  4. Diamkan atau resting sejenak adonan tersebut.
  5. Ambil adonan dan timbang seberat 20 gr, jika ingin size besar bisa timbang seberat 30gr.
  6. Bulatkan adonan, kemudian pipihkan dengan alat penggiling alias rolling pin sampai rata dan agak tipis. Jangan terlalu tipis sampai bening, nanti mudah sobek.

Akhirnya kulit pastel telah siap untuk diisi, kulit ini bisa langsung diisi kemudian digoreng atau diisi dan disimpan di freezer terlebih dahulu untuk digoreng di kemudian hari. Untuk isian bisa disesuaikan dengan selera bisa berisi telur, suwiran ayam, bihun, atau ragut ayam.

Tapi bagaimana jika setelah diisi, kita kesulitan melipat atau memilih pinggiran kulit pastel? Melipat kulit pastel memang butuh keterampilan layaknya melipat kulit dimsum, karena kalau tidak hati-hati dan tidak rapi bisa jadi pastel terbuka saat proses penggorengan. Solusinya adalah banyak berlatih, atau membeli alat cetak pastel yang sudah banyak dijual di pasaran.

Lalu bicara membuat pastel tidak akan lepas dari yang namanya penggorengan, pastel yang diharapkan orang adalah yang gurih, renyah, dan jauh dari kata BERMINYAK. Hal ini berkaitan dengan cara menggorengnya, gorenglah pastel saat minyak sudah panas tapi bukan saat sudah sangat panas atau bahkan masih dingin.

Jika minyak dingin bisa membuat minyak meresap banyak ke kulit pastel, tetapi jika terlalu panas bisa menyebabkan gosong. Lalu masukan perlahan jangan dilempar karena takut terciprat minyak, gunakan alat penjepit jika memang takut tangan terkena letupan minyak panas.

Jangan lakukan penggorengan pastel sebanyak 2 kali, terutama untuk pastel yang langsung digoreng setelah dibentuk karena akan sangat berminyak hasilnya.

Lalu jika untuk jenis pastel Frozen alias yang sudah dibekukan di freezer bisa dilakukan penggorengan 2x agar perut pastelnya mengembang atau menggelembung, tetapi ada baiknya jika tetap menggoreng sekali saja untuk menjauhi resiko penyakit kolesterol.

Terutama untuk orang dengan usia 30 tahun ke atas, karena resiko terjangkit penyakit semakin besar. Apalagi yang sudah punya keturunan penyakit darah tinggi dan kolesterol dari orang tuanya, harus benar-benar menjauhi gorengan walaupun sesekali boleh jika rindu makan gorengan.

Bagaimana sudah siap untuk mencoba membuat kulit pastel tanpa telur dan tetap renyah dan gurih? Selamat mencoba di dapur masing-masing!!


Comments

Popular posts from this blog

8 Cara Menghemat Kuota Internet di Android

Cara Menghemat Kuota Internet di Android, Biaya Data Lebih Murah Internet sudah menjadi salah satu kebutuhan sehari-hari masyarakat saat ini, bahkan ada yang mengatakan jika handphone di tangan tidak terkoneksi dengan internet sehari saja maka mood menjadi kacau. Biaya data internet berbanding terbalik dengan harga yang ditawarkan, semakin cepat koneksi semakin mahal harganya, hal ini tentunya dapat menambah beban pengeluaran Anda karena masalah pulsa dan biaya internet. Bahkan dengan kondisi jaringan yang sangat sangat lambat, kuota internet terkadang cepat tersedot, meskipun hanya digunakan sedikit untuk browsing untuk mengaktifkan berbagai aplikasi seperti WhatsApp, Facebook, Messenger, Instagram, email dan Twitter. Menggunakan Penghemat Data Chrome Untuk Browsing  Jika Anda pengguna browser Chrome, Anda dapat menghemat kuota internet di Android dengan mengaktifkan penghemat data. Untuk mengaktifkan fitur ini, buka Pengaturan > Penghemat Data > Aktif.  Dengan fitur ini, Anda b

Tips Membeli Tiket Kereta di Web/Aplikasi Terpercaya

Dunia semakin di manjakan dengan adanya berbagai situs online. Salah satunya memudahkan kita dalam transaksi jual beli. Seperti halnya lumut di atas bebatuan di dipinggir sungai, situs online semakin menjamur menawarkan berbagai kelebihan. Mulai dari market place, online shop, online mall, dan banyak lagi jenisnya.  Akan tetapi, bagi yang belum berpengalaman ketidaktahuan seringkali menjadi kendala ketika menggunakan jasa sebuah market place dan teman-temannya. Bukan hanya sampai disitu, kerugian secara materi juga bisa terjadi manakala kita tidak jeli dalam memilih suatu situs guna berbelanja apa yang kita inginkan. Sebab dunia maya merupakan peluang besar bagi mereka yang ingin berbuat curang yaitu tindakan penipuan. Bagi anda yang sering berpergian atau melakukan perjalanan bisnis menggunakan kereta, kata online maupun booking bukanlah barang baru. Dengan banyak situs yang bertebaran justru terkadang membuat kita bingung harus belanja atau pesan di mana.  Sebab terb

Ingin Tahu Cara Menambah Followers IG?

Cara Menambah Followers IG dengan Mudah Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Instagram alias IG merupakan salah satu platform media social yang paling populer di dunia. Hal itu pun terbukti, yang mana sebagian besar masyarakat di seluruh dunia ini sudah memiliki akun instagram. Sehingga cara menambah followers IG ini pun sepertinya banyak dicari  oleh orang-orang.  Tak hanya sekedar sebagai jejaring social media saja, kini instagram juga dijadikan sebagai media untuk kegiatan bisnis lho. Untuk memudahkan kegiatan bisnis, maka akun instagram kita harus memiliki jumlah pengikut atau followers yang banyak. Lantas, bagaimana cara menambah followers ig? Nah, biar kalian gak penasaran mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.  1. Follow Dulu Akun IG Baru Dari Kalangan Terkenal Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menambah followers ig, yakni dengan mem-follow dulu akun ig baru dari kalangan-kalangan orang terkenal. Ya, seperti politikus, artis, selebgram, atlet, dan la