Skip to main content

Cara Membuat Gatot Singkong Yang Mudah Dan Enak

  Siapa yang tidak kenal dengan Jogja, daerah yang terkenal memiliki segudang tempat wisata ini ternyata tidak hanya memiliki berbagai tempat wisata saja melainkan juga memiliki berbagai makanan khas yang melegenda. Ada banyak sekali jenis makanan khas Jogja seperti Gudeg, Nasi Tiwul, Bakpia Pathok, Sate Klatak dan Gatot Singkong. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat Gatot Singkong. Jogja memang kaya akan destinasi wisata alam, sejarah dan kulinernya. Namun sebelumnya, mari kenali terlebih dahulu apa itu Gatot Singkong. Gatot Singkong merupakan salah satu jajanan Khas Yogyakarta yang berbahan dasar singkong kering. Makanan khas Jogja ini berasal dari Gunung Kidul. Di Jogja, makanan ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau yakni mulai dari Rp. 1.000 sampai dengan Rp. 2.000 saja per porsinya. Cara membuat gatot singkong juga tidak begitu sulit. Untuk mengetahui cara membuat gatot singkong yang mudah dan enak, mari simak penjelasan berikut ini.  Bahan Yang

Isi Museum Fatahillah Jakarta, Penuh Sejarah!

Sebagai peninggalan sejarah di Jakarta, Museum Fatahillah memiliki banyak koleksi budaya dan bersejarah yang sangat menarik. Berikut kami rangkum isi Museum Fatahillah yang kaya akan sejarah.

1. Sketsel

Ini disebut lemari sketsel, atau lemari penyekat. Lemari ini merupakan salah satu koleksi yang paling menonjol saat Anda mengunjungi ruang sidang Museum Nasional Sejarah di Jakarta. Meski usianya sudah tua, lemari bersejarah ini tetap terawat dan terlihat kokoh serta menarik. Lemari dengan tinggi 289 cm dan lebar 232 cm ini memiliki ukiran yang sangat indah dan rumit. Sebelumnya, kabinet ini digunakan di pengadilan Dewan Hindia di Benteng Batavia. Salah satu mahakarya Museum Sejarah Jakarta, koleksi ini diam-diam menjadi saksi penjajahan VOC di  Batavia.

2. Pedang eksekusi

Museum Fatahillah juga menjadi tempat eksekusi pada masanya. Maka tak heran jika ada pedang algojo di museum nasional ini. Ada "pedang keadilan" yang letaknya di antara kamar-kamar di lantai dua museum. Pedang eksekusi ini memiliki warna yang gelap terkait usia, panjangnya sekitar 1 meter. Dan inilah pedang yang menceritakan sejarah pemenggalan kepala.

3. Lukisan Gubernur Jendral VOC Hindia Belanda

Lukisan tersebut merupakan lukisan Gubernur Jendral VOC Hindia Belanda pada tahun 1602-1942.

4. Meja bulat bersejarah

Meja bulat atau meja bundar tentu masih lekat di ingatan kita. Benda bersejarah ini adalah satu dari sekian saksi bisu perjuangan rakyat Indonesia untuk merdeka dari penjajahan. Ukurannya berdiameter 2.25 meter tanpa sambungan.

5. Peralatan prasejarah

Di Museum Fatahillah, Anda juga akan melihat barang-barang masyarakat prasejarah, keramik antik dari Jepang, Cina dan lain sebagainya. Adapula gerabah tanah liat yang antik.

6. Meriam si Jagur

Meriam Si Jagur atau Meriam Ki Jagur adalah meriam Portugis kuno yang berada di halaman Museum Fatahillah. Panjang meriam ini adalah 3.85m, kalibernya 25cm dan berat 3.5 ton.  Si Jagur dipindahkan dari Macau ke Malaka di beberapa titik di abad ke-16. Kemudian dibawa ke Batavia oleh Belanda setelah menaklukkan Malaka pada tahun 1641. Awalnya, meriam ini dipasang oleh VOC  di Benteng Batavia untuk melindungi pelabuhan. Kemudian dipindahkan ke magasin artileri di dekat Jalan Tongkol. Setelah Kastilia Batavia dihancurkan oleh Daendels pada tahun 1809, meriam ini dipindahkan ke Museum Oud Batavia. Namun kemudian dipindahkan dan ditempatkan di bagian utara Taman Museum Fatahillah.

7. Patung Dewa Hermes

Patung ini merupakan dewa mitologi Yunani yang mana sebagai dewa keberuntungan dan perlindungan ditujukan untuk kaum pedagang.

8. Prasasti Ciaruteun

Prasasti Ciaruteun ditemukan di tepi sungai Ciaruteun, yang merupakan anak sungai Cisadane di Bogor. Prasasti ini merupakan salah satu peninggalan zaman Tarumanagara.

9. Replika prasasti Tugu

Replika Prasasti Tugu di Museum Fatahillah merupakan salah satu replika prasasti yang ditemukan di Kerajaan Tarumanagara. Prasasti tersebut menggambarkan penggalian Sungai Kandrabaga oleh Rajadi Rajagur dan penggalian Sungai Gomati pada tahun ke-22 pemerintahan Purnawarman.

10. Penjara bawah tanah

Gedung Fatahillah dulunya juga merupakan rumah tahanan. Gedung ini memiliki penjara bawah tanah untuk tahanan laki-laki dan perempuan. Tempat ini memiliki banyak misteri mengingat menjadi saksi sejarah kelamnya masa penjajahan dulu.

Demikian itulah isi museum Fatahillah Jakarta yang bisa anda jumpai. Ada banyak benda bersejarah dan antik yang bisa ditemukan di Museum Nasional ini. Jika ingin tahu lebih banyak apa saja yang ada di dalamnya, jangan ragu untuk mengunjungi Museum Fatahillah. Terlebih lagi ada hal menarik lain yang bisa dilakukan untuk kunjungan ke museum.


Comments

Popular posts from this blog

8 Cara Menghemat Kuota Internet di Android

Cara Menghemat Kuota Internet di Android, Biaya Data Lebih Murah Internet sudah menjadi salah satu kebutuhan sehari-hari masyarakat saat ini, bahkan ada yang mengatakan jika handphone di tangan tidak terkoneksi dengan internet sehari saja maka mood menjadi kacau. Biaya data internet berbanding terbalik dengan harga yang ditawarkan, semakin cepat koneksi semakin mahal harganya, hal ini tentunya dapat menambah beban pengeluaran Anda karena masalah pulsa dan biaya internet. Bahkan dengan kondisi jaringan yang sangat sangat lambat, kuota internet terkadang cepat tersedot, meskipun hanya digunakan sedikit untuk browsing untuk mengaktifkan berbagai aplikasi seperti WhatsApp, Facebook, Messenger, Instagram, email dan Twitter. Menggunakan Penghemat Data Chrome Untuk Browsing  Jika Anda pengguna browser Chrome, Anda dapat menghemat kuota internet di Android dengan mengaktifkan penghemat data. Untuk mengaktifkan fitur ini, buka Pengaturan > Penghemat Data > Aktif.  Dengan fitur ini, Anda b

Tips Membeli Tiket Kereta di Web/Aplikasi Terpercaya

Dunia semakin di manjakan dengan adanya berbagai situs online. Salah satunya memudahkan kita dalam transaksi jual beli. Seperti halnya lumut di atas bebatuan di dipinggir sungai, situs online semakin menjamur menawarkan berbagai kelebihan. Mulai dari market place, online shop, online mall, dan banyak lagi jenisnya.  Akan tetapi, bagi yang belum berpengalaman ketidaktahuan seringkali menjadi kendala ketika menggunakan jasa sebuah market place dan teman-temannya. Bukan hanya sampai disitu, kerugian secara materi juga bisa terjadi manakala kita tidak jeli dalam memilih suatu situs guna berbelanja apa yang kita inginkan. Sebab dunia maya merupakan peluang besar bagi mereka yang ingin berbuat curang yaitu tindakan penipuan. Bagi anda yang sering berpergian atau melakukan perjalanan bisnis menggunakan kereta, kata online maupun booking bukanlah barang baru. Dengan banyak situs yang bertebaran justru terkadang membuat kita bingung harus belanja atau pesan di mana.  Sebab terb

Ingin Tahu Cara Menambah Followers IG?

Cara Menambah Followers IG dengan Mudah Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Instagram alias IG merupakan salah satu platform media social yang paling populer di dunia. Hal itu pun terbukti, yang mana sebagian besar masyarakat di seluruh dunia ini sudah memiliki akun instagram. Sehingga cara menambah followers IG ini pun sepertinya banyak dicari  oleh orang-orang.  Tak hanya sekedar sebagai jejaring social media saja, kini instagram juga dijadikan sebagai media untuk kegiatan bisnis lho. Untuk memudahkan kegiatan bisnis, maka akun instagram kita harus memiliki jumlah pengikut atau followers yang banyak. Lantas, bagaimana cara menambah followers ig? Nah, biar kalian gak penasaran mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.  1. Follow Dulu Akun IG Baru Dari Kalangan Terkenal Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menambah followers ig, yakni dengan mem-follow dulu akun ig baru dari kalangan-kalangan orang terkenal. Ya, seperti politikus, artis, selebgram, atlet, dan la